4 Tips Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online

Kegiatan jual beli yang dilakukan secara online sudah menjadi gaya hidup di zaman seperti sekarang ini. Banyak sekali barang yang dapat anda dapatkan secara online seperti Power bank, filter penjernih air, hingga fashion branded. Selain akses yang sangat mudah, pembeli juga tidak perlu susah payah untuk keluar rumah dan mengunjungi tempat tertentu. Cukup dengan bermodalkan laptop atau handphone yang tersambung dengan internet anda bisa melakukan kegiatan jual beli tanpa beranjak kemanapun.

Tentu hal ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah mudah di akses dari manapun, tidak memiliki jam tutup alias 24 jam hanya pelayanannya saja yang memiliki waktu tertentu, dapat membandingkan kualitas dan harga dengan banyak sekali produk atau jasa yang sama. Kegiatan ini juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya adalah: anda tidak bisa melihat dan menyentuh barang tersebut secara fisik, butuh waktu hingga barang sampai, dada tambahan biaya ongkos kirim, hingga rawan dengan penipuan. Maka dari itu lakukan tips ini untuk mengurangi resiko terkena penipuan pada saat belanja online.

1. Perhatikan Reputasi Toko

Pada platform marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak dan lain sebagainya, tiap toko memiliki rating yang diberikan oleh pihak perusahaan. Semakin bagus rating toko tersebut semakin bagus rating yang dimiliki artinya banyak transaksi yang berhasil dan pelanggan yang puas atas pelayanan toko tersebut. Apabila anda membeli di sosial media seperti Instagram perhatikan beberapa hal berikut: follower, testimoni, toko fisik apabila ada, hingga berapa lama akun tersebut sudah berjalan. Semakin banyak hal tersebut di atas semakin kecil kemungkinan anda untuk tertipu.

2. Toko Fisik

Ada toko yang memiliki toko fisik, ada pula yang tidak. Menanyakan hal ini dapat mengurangi resiko anda terkena penipuan pada saat belanja online. Apabila toko tersebut memiliki toko fisik, tanyakan alamat detail atau kunjungi lah toko tersebut apabila memungkinkan. Apabila toko tersebut tidak memiliki toko fisik tanyakan lah alamat produksi barang atau alamat pengirim agar lebih dapat di percaya.

3. Cash on Delivery (CoD)

Perlu di waspadai pada toko yang tidak menyediakan sistem ini, walaupun memiliki lokasi yang sangat dekat. Apabila sebuah toko memiliki layanan CoD anda bisa menggunakannya. Karena layanan ini memiliki kemungkinan penipuan yang sangat kecil, akan tetapi pastikan setelah anda CoD anda membelinya ya.

4. Rekening Bersama

Untuk pembelian di marketplace, mereka sudah menyediakan sistem pembayaran menggunakan rekening perusahaan sebelum di teruskan ke penjual. Apabila pada saat anda menerima barang kemudian memiliki beberapa kendala atau tidak sesuai dengan deskripsi barang tersebut, anda dapat mengajukan komplain dan mengembalikan barang hingga refund uang yang telah di bayarkan 100% dengan ongkir di tanggung masing-masing. Apabila anda melakukan pembelian di media sosial anda dapat meminta pihak penjual untuk menggunakan jasa rekening bersama. Dengan begitu anda dapat mengurangi adanya resiko penipuan.

Itu adalah 4 tips yang dapat anda lakukan untuk mengurangi resiko penipuan pada saat belanja online. Anda harus pintar membaca trend dan melihat barang yang memiliki potensi kedepannya seperti dispenser sabun otomatis, dan berbagai macam alat-alat kesehatan lainnya yang sedang di butuhkan pada saat pandemic seperti sekarang ini.

 

Tags: Belanja Online Tips

author
Author: 

    Related Post "4 Tips Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online"

    Apa Saja Tahapan yang Dilakukan saat Melakukan Tes Genset?
    Tahukah kamu bahwa suatu genset atau generator
    Lindungi Masa Tua Anda dengan Asuransi
    Pada umumnya, orang mengira bahwa cara untuk
    Hal Penting Terkait Polyflex Chemica Untuk Diketahui
    Dalam keperluan sablon cutting atau sablon jersey

    Leave a reply "4 Tips Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online"